HTML
RSS
Fluttershy - Working In Background

Sejarah evolusi pada kuda




a.   Eohippus/ Hyracotherium

-        Pertama muncul 56 juta tahun lalu atau sekitar 13 juta tahun setelah kehadirannya hewan prakuda di Amerika Utara, muncullah leluhur kuda yang pertama kali diketahui sebagai Eohippus.

-        Genus ini adalah hewan kecil yang hidup di hutan dan dipandang merupakan anggota pertama famili Equidae, dan leluhur semua anggota famili ini.

-        Hyracotherium berhabitat di hutan Eosen di belahan utara.

-        Hewan tersebut ukurannya tidak lebih dari seekor serigala, tinggi pundaknya 25-45 cm, 4 kuku di kaki depandan 3 di kaki belakang, Ini membantunya berpindah dengan mudah di lantai hutan yang lembut. Telinganya kecil tapi kompak, bulunya merupakan bulu furry seperti anjing, ekornya bergerak-gerak, mukanya panjang sehingga memberi tempat cukup untuk gigi yang banyak 44 buah,Ukurannya kecil, memungkinkannya bergerak mudah di antara vegetasi yang padat dan menyembunyikannya dari predator.

-        Karakteristik yang berbeda dari Eohippus bila dibandingkan dengan spesies toritis pendahulunya adalah arah pertumbuhan kakinya.

-        Kaki merupakan adaptasi dari keadaan asli yang berjari lima, yang berubah menjadi empat. Satu jari depan mengalami retraksi menjadi splint.


b.   Mesohippus

-        Pada Zaman Oligosen Sekitar 40 juta tahun yang silam,Hyracotherium mengalami kepunahan.Akan tetapi, mamalia ini telah menurunkan keturunannya yang dinamakan Mesohippus.

-        Mesohippus berukuran lebih besar daripada Hyracotherium., dengan tinggi pundak mempunyai 60 cm. Struktur tubuh Mesohippus menunjukkan bahwa hewan ini telah beradaptasi dengan sangat baik untuk hidup di padang rumput, hal ini ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah jari pada setiap kaki Mesohippus menjadi tiga jari di setiap kakinya. Jari tengahnya juga lebih besar dari pada jari-jari lainnya. Selain itu, hewan ini juga memiliki kaki yang lebih kuat dan lincah dibandingkan dengan Hyracotherium. Hewan ini memiliki leher yang agak panjang. Pada mulutnya ditemukan beberapa gigi pra-geraham yang hampir berkembang menjadi gigi geraham. Gigi seperti ini tentu akan meningkatkan kemampuannya untuk mengunyah makanan.


c.  Miohippus

-        Masihpadazaman Oligosen, Miohippus (berarti "kudakecil") adalah genus kuda prasejarah.

-        Miohippus tinggal di Amerika Utara selama zaman Oligosen. Sementara generasi spesies ini hidup selama periode Miocene.

-        Menurut Florida Museum of Natural History, diyakini Miohippus hidup pada Miocene namun pernyataan tersebut salah. Penelitian yang lebih baru memberikan bukti bahwa Miohippus sebenarnya hidup pada zaman Oligosen.

-        Miohippus lebih besar dari Mesohippus dan memiliki tengkorak yang sedikit lebih panjang. Fosa wajahnya adalah lebih dalam dan lebih diperluas, dan sendi pergelangan kaki agak berbeda. Miohippus juga memiliki puncak ekstra variabel pada geraham atasnya, yang memberikan area permukaan yang lebih besar untuk mengunya hmakanan ternak yang lebih ketat. Hal ini akan menjadi cirikhas dari gigi kuda selanjutnya.

d.  Merychippus

-        Pada pertengahan Zaman Miocene yaitu sekitar 25 juta tahun yang lalu, muncullah spesies Merychippus. Spesies kuda ini diperkirakan merupakan keturunandari Mesohippus.

-        Merychippus masih memiliki leher yang agak panjang yang khas. Diduga, leher panjang ini berfungs isebagai alat bantu saat ia merumput, sehingga ia bisa merumput dengan tenang dengan posisi berdiri. Tingginya sekitar 100 cm dan mempunyai 3 jari baik pada kaki depan maupun kaki belakang yang penampilannya tegak.

-        Kaki Merychippus berkembang menjadi kaki yang panjang, agak berbeda dengan kaki yang dimiliki kuda zamans ekarang.

-        Sekarang, Merychippus telah punah. Penyebab kepunahannya diperkirakan akibat perubahan iklim besar-besaran yang mengakibatkan terjadinya zaman es.

 e. Pliohippus

-        Kemudian sekitar 10 juta tahun yang lalu, semasa jaman Pliocene kuda berkembang menjadi Pliohippus.

-        Leluhur kuda jenis ini mempunyai satu jari atau satu tracak pada tiap kakinya.

-        Pliohippus merupakan hewan monodaktil (hewan bertracak tunggal) sejati yang pertama dalam sejarah evolusi.

 f.  Equus caballus

-        Akhirnya sekitar 2 juta tahun yang lalu, kuda seperti yang kita kenal sekarang yaitu Equus caballus, muncul sebagai makhluk yang lebih besar.

-        Namun sekitar 8 ribu tahun yang lalu, spesies Equus ini punah di daratan Amerika Serikat dan tidak muncul lagi sampai orang-orang Spanyol membawa kuda masuk ke benua Amerika pada tahun 1400-an.

 jari-jemari pada nenek moyangnya telah berkurang jumlahnya sampai tinggal satu  jari di setiap kakinya yang telah dilindungi oleh kuku yang sangat keras dan telah termodifikasi. Struktur kaki kuda zaman sekarang pun telah beradaptasi bukan hanya untuk hidup di padang rumput tetapi juga untuk berlari dengan cepat. Jenis kaki ini membuat kuda dapat berlari dengan sangat cepat tanpa khawatir akan resiko terkilir.
















Source:


https://id.wikipedia.org/wiki/Kuda

https://yosiemita.wordpress.com/2013/10/05/buku-100-fakta-tentang-kuda/

http://id.scribd.com/doc/250225088/Evolusi-Pada-Kuda

http://bacaweh.blogspot.co.id/2014/05/fakta-dan-kebiasaan-unik-kuda.html

https://www.facebook.com/kuda2galak/posts/365308853579124







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

mikekim mengatakan...

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan

registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam

????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?

Posting Komentar